South African Airways bukukan utang US$ 642 juta

KONTAN.CO.ID – CAPE TOWN. Maskapai penerbangan pelat merah asal Afrika selatan, South African Airways membukukan utang sebesar 9,2 miliar rand atau setara dengan US$ 642 juta pada Maret 2018. Oleh sebab itu, Chief Executive Officer South African Airways Vuyani Jarana mengatakan pihaknya mencari cara untuk menebus utang ini.

Manajemen SBOBET akan membuat lebih banyak lagi rute penerbangan yang menguntungkan. “Tahun lalu margin kotor turun pada sebagian besar rute. Namun saat ini untuk rute domestik dan regional mulai menghasilkan uang kecuali rute Entebbe di Uganda,” ujar Jarana seperti yang diberitakan oleh Bloomberg, Senin (5/11).

Sedangkan Menteri Keuangan Afrika Selatan Tito Mboweni mengatakan dukungannya untuk penutupan maskapai nasional yang merugi ini. Setelah ditutup, pemerintah akan mendirikan maskapai baru untuk mengantikannya.

“South African Airways tidak mungkin menarik mitra ekuitas dalam kondisi saat ini. Hal ini membuat pemerintah ragu dalam menyelesaikan persoalan utang maskapai,” tambah Mboweni.

Jarana menyatakan butuh waktu selama tiga tahun bagi perusahaan untuk dapat melunasi utang yang ada. Asal tahu saja, South African Airways belum menghasilkan laba sejak 2011 silam.