Bank of Korea menaikkan suku bunga acuan untuk pertama kali dalam setahun

KONTAN.CO.ID – SEOUL. Bank sentral Korea Selatan mengerek suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir. Jumat (30/11), Bank of Korea menaikkan suku bunga acuan 25 basis point dari 1,50% menjadi 1,75%.

“Berdasarkan informasi terkini, Dewan Gubernur memutuskan bahwa ekonomi global telah mempertahankan tren pertumbuhan yang secara umum sehat, meski ada tanda-tanda melemah selama kuartal ketiga,” ungkap bank sentral dalam pernyataan.

Bank of Korea mengungkapkan, volatilitas tinggi di pasar keuangan global terus berlanjut. Bank sentral Negeri Ginseng ini melihat, pertumbuhan ekonomi global dan pasar keuangan selanjutnya akan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti gerakan menuju penyebaran proteksionisme perdagangan, langkah normalisasi kebijakan moneter di negara-negara besar, serta ketidakpastian politik di kawasan Zona Euro.

Bank sentral Korea melihat, kondisi domestik negeri K-Pop ini tumbuh stabil. Investasi akan melambat tapi peningkatan dan konsumsi akan stabil. “Inflasi harga konsumen berada pada 2%  karena peningkatan harga produk pertanian dan laju harga minyak,” ungkap Bank of Korea dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

Selanjutnya, bank sentral akan mempertahankan kebijakan moneter yang akomodatif. Bank of Korea akan menilai lebih lanjut, apakah perlu menyesuaikan kebijakan moneter lebih lanjut, memantau kondisi perdagangan dan moneter negara-negara besar, serta menimbang tren peningkatan utang rumah tangga dan risiko geopolitik.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan