Raja farmasi yang aktif di dunia politik China (4)

Sosok Sun Piaoyang tidak hanya cemerlang di sektor bisnis lewat perusahaan farmasi Jiangsu Hengrui Medicine. Pria ini juga aktif dalam perpolitikan di China. Posisi tersebut mampu menjadikan Sun berkontribusi cukup besar dalam  perbaikan kebijakan terkait industri farmasi di China. Sun berhasil mendorong penggunaan obat-obat generik yang lebih murah. Dia juga berperan dalam pengembangan pengobatan terapi yang lebih inovatif di China.

Keuletan Sun Piaoyang bisa menciptakan dan menyebarluaskan inovasi obat-obatan tidak hanya ia tunjukkan melalui bidang akademis dalam berbagai riset dan publikasi ilmiah. Sun juga berperan aktif dalam berbagai asosiasi hingga urusan politik di China.

Pada tahun 2016, Sun tercatat aktif dan menjabat sebagai ketua Asosiasi Sains dan Teknologi Jiangsu sekaligus wakil ketua Federasi Industri dan Perdagangan Jiangsu. Keterlibatannya dalam asosiasi jadi salah satu upaya untuk bisa memajukan industri farmasi di China.

Berbagai penghargaan berhasil diraihnya seperti tokoh terbaik dalam pembangunan karakter sosialisme di China dan inovator paling berbakat di Provinsi Jiangsu. Berkali-kali penghargaan sebagai pengusaha terbaik se-Provinsi Jiangsu juga berhasil ia peroleh.

Sun juga mengambil peran sekaligus bertanggungjawab dalam berbagai macam proyek di antaranya sembilan proyek pengembangan obat, pengajuan 86 paten penemuan obat secara nasional dan pengajuan 35 paten global.

Dalam urusan politik, Sun terpilih sebagai anggota luar biasa partai komunis China. Di tingkat provinsi, Sun tercatat sebagai perwakilan kongres Rakyat Provinsi Jiangsu ke-9 dan 10. Sedangkan di tingkat nasional, Sun menjadi perwakilan kongres rakyat nasional ke-11 dan 12.

Reporter: Puspita Saraswati
Editor: Tri Adi
Video Pilihan