Uncategorized

APBI: Tren penurunan harga batubara bisa disiasati dengan efisiensi

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) menyatakan para produsen batubara kini berupaya untuk melakukan berbagai cara untuk mengambil langkah strategi terkait tren penurunan batubara yang berdampak pada perusahaan nya di tahun 2019.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia mengatakan bahwa sebaiknya para produsen atau perusahaan menggunakan strategi dengan melakukan efisiensi terhadap teknik penambangannya.

Di mana stripping ratio dapat dikurangi sehingga biaya dapat ditekan. “Upaya ya, Efisiensi itu kalau ditambang itu biasanya di teknik penambangan, lebih efisien. Jadi kalau di teknik penambangan stripping ratio dikurangi biaya bisa ditekan,” katanya kepada Kontan.co.id pada, Jumat (25/1).

Namun menurut Hendra, apabila dilakukan nanti nya akan memiliki dampak yaitu stripping ratio nya akan berkurang. Sehingga perusahaan harus bertindak tegas terhadap hal tersebut. “Cuma memang jika ditekan dampaknya stripping rasio nya akan berkurang,” ujarnya.

Kendati demikian, Hendra menjelaskan juga bahwa di tahun 2019 atau kedepannya harga batubara acuan (HBA) diperkirakaan berdasarkan pengamat tidak akan sebagus jika dibandingkan dengan tahun lalu. Ia juga menambahkan bahwa tetap kuat atau positif akan tetapi harga nya tidak akan signifikan.

“Diperkirakan untuk harga menurut pengamat tahun ini tidak sebagus tahun lalu. inti nnya untuk tahun ini rata rata tidak lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. tetep kuat tapi harganya tidak bagus lebih bagus tahun lalu,” jelasnya

Reporter: Erviana Bastian
Editor: Azis Husaini

Reporter: Erviana Bastian
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan

You may also like...