Uncategorized

Hadapi libur Natal dan Tahun Baru, jadwal penerbangan ditambah

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Permintaan yang tinggi menjelang Natal dan Tahun Baru membuat Kementerian Perhubungan (Kemhub) menambah slot penerbangan. Terdapat tambahan 101 penambahan slot penerbangan.

Beberapa tujuan yang tinggi peminat antara lain Bali, Medan, Manado, Ambon, Papua, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). “Beberapa tujuan akan meningkat saya minta kepada maskapai untuk melakukan tambahan,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai melihat cek kelaikan di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (15/12).

Tambahan slot penerbangan untuk mengakomodir permintaan yang tinggi. Walau pun begitu, penambahan tetap memerhatikan kemampuan slot penerbangan bandara.

Bila slot oenerbangan bandara sudah penuh, maka junlah penerbangan tidak bertambah. Hal itu terjadi pada bandara di Yogyakarta yang sudah kehabisan slot penerbangan.

Tidak hanya penambahan slot, Budi juga mendorong penambahan jam kerja pada bandara. Namun, hal itu peelu memperhatikan kemampuan bandara. “Kami minta jadwal bandara kecil lebih panjang agar rotasi lebih baik,” terang Budi.

Selain bandara, tingginya permintaan pengguna pesawat membuat tarif penerbangan menjadi perhatian. Budi bilang, saat ini kenaikan tiket yang terjadi masih belum melampaui tarif batas atas.

Meski begutu, ia menghimbau agar maskapai memperhatikan kenaikan harga. Pasalnya kenaikkan harga yang terlalu tinggi akan menyulitkan konsumen.

Reporter: Abdul Basith
Editor: Komarul Hidayat

Reporter: Abdul Basith
Editor: Komarul Hidayat
Video Pilihan

You may also like...