Uncategorized

Usai akuisisi Morinaga, Kino Indonesia (KINO) genjot sektor consumer goodsnya

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Awal tahun 2019 ini PT Kino Indonesia Tbk (KINO) telah melangsungkan akuisisi dengan membeli 72.857 saham Morinaga & Co Ltd seharga Rp 74,89 miliar. Brand produk makanan dan minuman bayi & anak tersebut bakal memperkuat platform bisnis consumer goods KINO.

Harry Sanusi, Presiden Direktur KINO mengatakan akuisis tersebut bakal menumbuhkan dan memperbaiki operasional perseroan. “Diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap kinerja konsolidasi secara keseluruhan,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (21/1).

Adapun sumber dana yang digunakan oleh KINO untuk membeli saham tersebut adalah berasal dari kombinasi sisa dana hasil penawaran umum saham perdana yang telah dialokasikan untuk keperluan akuisisi dan kas internal. Manajemen berharap seiring dengan prospek pertumbuhan industri makanan, transaksi akuisisi Morinaga diharapkan akan memberikan keuntungan jangka panjang.

Terlebih lagi, segmen makanan yang dinaungi brand Morinaga ini kata Harry merupakan lini bisnis yang masih sangat menjanjikan dan prospektif. Sebagai gambaran, sampai kuartal tiga 2018 kemarin porsi penjualan segmen makanan tercatat menyumbang Rp 212 miliar atau sekitar 8{d490e809631a2fc803a206c31eb24635c02b290d340c01dec30dcc0f188dc624} dari total revenue perseroan saat itu.

Di tahun ini, KINO masih melihat prospek bisnis consumer goods penuh tantangan. “Tapi peluang selalu terbuka selama kami bisa mencari peluang yang tepat, menyampaikan pesan dengan baik serta pendistribusian yang lancar,” terang Harry.

Ke depannya perseroan terus menguatkan segmen bisnis makanan tersebut. Jika ditilik dari laporan keuangan di kuartal tiga 2018 kemarin, kontribusi terbesar masih dipegang segmen perawatan tubuh senilai Rp 1,27 triliun dan segmen minuman Rp 1,1 triliun dari total revenue KINO yang mencapai Rp 2,59 triliun.

Reporter: Agung Hidayat
Editor: Yoyok

Reporter: Agung Hidayat
Editor: Yoyok
Video Pilihan

You may also like...