Uncategorized

Dirut Indosat: Industri telekomunikasi paling ideal konsolidasi

KONTAN.CO.ID -YOGYAKARTA. Banyaknya pemain operator telekomunikasi jadi salah satu faktor berbagai perang tarif data yang terjadi. Sekedar tahu, di Indonesia ada lima pemain besar di industri tersebut yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, dan Smartfren.

Direktur Utama Indosat Chris Kanter menilai, idealnya konsolidasi merupakan jalan keluar bagi industri telekomunikasi saat ini. “Namun belum ada aturan yang jelas soal ini,” katanya pada Senin (28/1).

Sebab, dalam konsolidasi belum diatur bagaimana aturan spektrum dan lainnya seandainya dua pemain besar operator telekomunikasi bergabung. Di sisi lain, soal pengaturan tarif batas bawah dan atas seperti yang dilakukan pemerintah pada maskapai Chris melihatnya sangat tidak mungkin.

Sebab jika pemerintah menetapkan kebijakan batasan tarif data, maka berisiko secara politis. “Pemerintah berisiko dikecam pengguna data yang jumlahnya luar biasa di Indonesia,” tambahnya.

Jika berandai-andai kebijakan tarif batas atas dan batas bawah itu diberlakukan, Chris menilai hal itu akan berdampak positif bagi kesehatan industri telekomunikasi.

Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Azis Husaini

Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan

You may also like...