Uncategorized

Dongkrak pendapatan masyarakat, KKP akan perluas lahan sawah minapadi

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan perluasan lahan minapadi tahun 2019 sebesar 400 hektare (ha). Pengembangan teknik pertanian dan budidaya perikanan ini dianggap bisa menjadi solusi baru untuk petani Indonesia.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menyatakan teknik tanam minapadi Indonesia telah mendorong perekonomian masyarakat.

Misalnya, pada sektor pendapatan masyarakat pembudidaya ikan secara nasional mengalami kenaikan dari tahun 2017 sebesar Rp 3,29 juta per bulan menjadi Rp 3,38 juta per bulan di tahun 2018.

“Peningkatan pendapatan tersebut juga didongkrak oleh kegiatan usaha minapadi di berbagai daerah, serta kegiatan prioritas lainnya seperti program pakan mandiri, pengembangan budidaya ikan sistem bioflok, pengembangan induk dan benih unggul dan berkualitas, pengembangan teknologi recirculation aeration system serta kegiatan lainnya,” jelasnya dalam keterangan resmi, Selasa (15/1).

Atas pertimbangan tersebut, Slamet mengatakan KKP berkomitmen untuk terus mengembangkan lahan Minapadi dengan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Dalam catatan Slamet, hingga tahun 2018, KKP telah mengembangkan percontohan minapadi seluas 580 ha yang tersebar di 26 Kabupaten di Indonesia. Untuk tahun ini, KKP akan menargetkan penambahan luas lahan minapadi seluas 400 ha.

Reporter: Tane Hadiyantono
Editor: Herlina Kartika

Reporter: Tane Hadiyantono
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

You may also like...